Juni 26, 2022

rakyatbenteng

lebih dekat, cepat dan tersebar

Bulan Depan Siaran TV Analog Dihentikan, Dinas Kominfotik: Migrasi ke Digital atau Pasang Alat STB

BENGKULU RBt – Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) berupaya mensosialisasikan peralihan TV analog ke digital secara masif kepada masyarakat luas.

Ini sejurus dengan migrasi TV digital atau Analog Switch Off (ASO) yang sudah ditetapkan pemerintah. Sesuai Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No. 11/2021 tentang Perubahan atas PM No. 6/2021 tentang Penyelenggaraan Siaran, migrasi TV digital akan memengaruhi siaran di 112 wilayah layanan yang mencakup 341 Kabupaten/Kota.

Tahap pertama sudah mulai dilaksanakan secara bertahap dengan penghentian layanan TV analog di 56 wilayah layanan di 166 Kabupaten/Kota. Termasuklah diantaranya Kota Bengkulu dan Benteng.

Kepala Diskominfotik Benteng, Rahmat Apriadi, S.STP, ME didampingi Kabid Infokom, Dina Betrasari, SE menuturkan pihaknya siap mendukung program pusat yakni migrasi TV analog ke digital. Dimana siaran TV digital adalah adalah modulasi baru sinyal siaran dengan gambar yang lebih bersih, suara yang lebih jernih, dan layanan yang lebih canggih.

‘’Agar masyarakat mengetahui program ini, kami berusaha mensosialisasikan ini. Karena memang masih banyak masyarakat yang belum mengetahui peralihan ini. Jangan sampai masyarakat nanti kaget per 30 April TV mereka tidak ada lagi siaran. Padahal itu memang ada peralihan,’’ ujar Rahmat.

Rahmat mengimbau agar masyarakat sejak kini beralih ke TV digital. Atau bagi yang masih menggunakan TV analog lengkapi dengan alat tambahan, yakni alat Set Top Box (STB).

‘’Kalau TV-nya belum digital, tidak akan ada sinyal lagi. Atau kalau TV analog, bisa disambung dengan STB. Namun kami berharap ada bantuan STB. Karena masyarakat Benteng ada juga yang belum mampu membeli STB,’’ jelas Rahmat.

Untuk diketahui, kemarin turut dilakukan uji coba distribusi STB dari grup Surya Citra Media (SCM) Emtek di wilayah layanan Bengkulu 1 yakni Kota Bengkulu dan Kabupaten Bengkulu Tengah. Kegiatan berlangsung di Stasiun Tranmisi Indosiar Kota Bengkulu.(fry)

Sharing is Caring